google

Sabtu, 25 Desember 2010

Perangkat Keras dan Aksesories Jaringan Komputer,

Perangkat Keras dan Aksesories Jaringan Komputer,


Jaringan Komputer telah saya bahas beberapa bagian pada artikel sebelumnya. Nah dalam jaringan komputer tersebut ada beberapa kebutuhan dasar baik perangkat keras, software maupun aksesoris yang digunakan. Dalam beberapa artikel kedepan secara khusus saya akan membahas mengenai perangkat keras dan aksesories dalam menerapkan jaringan komputer.
Misalnya menggunakan hub, switch, router, adapter, kabel, dan jenis lainnya dari beberapa peralatan perangkat keras.
Dari sekian banyak perangkat keras dalam jaringan komputer akan kita kelompokkan pembahasannya seperti ini;
  1. Wireless Network Hardware
  2. Network Cables
  3. Modems
  4. Ethernet
  5. Home Network Routers
  6. USB
  7. Network Adapters
  8. Hubs and Switches
Perangkat Keras untuk Jaringan Nirkabel
Pertanyaannya adalah hardware apa yang dibutuhkan untuk membangun jaringan nirkabel atau wireless?
Jawaban: adapter jaringan Wireless (juga dikenal sebagai wireless NIC atau kartu jaringan nirkabel) yang diperlukan untuk setiap perangkat pada jaringan nirkabel. Beberapa komputer yang lebih baru menggabungkan adaptor laptop nirkabel sebagai fitur built-in sistem. Adaptor jaringan nirkabel populer untuk PC adalah dalam bentuk “kartu PCMCIA.” Komputer Macintosh menggunakan kartu AirPort khas.
Sebenarnya, tidak ada perangkat keras adapter nirkabel lain daripada yang dibutuhkan untuk membangun LAN nirkabel kecil (WLAN). Namun, untuk meningkatkan kinerja WLAN, agar bisa menampung lebih banyak komputer, dan meningkatkan jangkauan jaringan, titik akses nirkabel dan/atau router nirkabel dapat ditambahkan untuk digunakan.
Sebuah alternatif untuk router, jalur akses memungkinkan jaringan nirkabel untuk bergabung dengan jaringan kabel yang ada. Salah satu komputer biasanya bertugas menyebarkan akses jaringan yang sudah memiliki kabel switch atau router terinstal. Di jaringan rumah, jalur akses tunggal (atau router) memiliki rentang yang cukup untuk kebutuhan rumah. Pada bangunan Kantor Bisnis sering harus mengerahkan beberapa jalur akses dan/atau router.
Jalur akses dan router pada jaringan komputer sering memanfaatkan antena nirkabel yang secara signifikan meningkatkan jangkauan komunikasi dari sinyal radio nirkabel. Antena ini adalah opsional dan dapat dilepas. Ini juga memungkinkan untuk memasang antena di klien nirkabel untuk meningkatkan berbagai adaptor nirkabel. Ini adalah praktek umum untuk wardrivers, tapi penggunaan antena umumnya tidak diperlukan di rumah atau jaringan bisnis dengan alasan keamanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar